Bagaimana Menangani Permasalahan Kulit selama Menjalankan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi

Bersama Prof. Dr. dr. Retno W. Soebaryo, SpKK

Klik disini untuk cek jadwal dokter!

MetroHealth MMC - Halo Metrofriends.. Bagaimana keadaan anda di masa pandemi ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bagi teman-teman yang terkena Covid-19, senantiasa berangsur-angsur membaik dan melewati proses pemulihan dengan lancar sehingga dapat kembali bersama keluarga.


Tak terasa kita sudah menjalani masa pandemi ini selama 10 bulan lebih, dan tentunya kami harapkan Metrofriends selalu menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Hal ini perlu kita terus jalankan dan dijadikan kebiasaan baru, tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, namun juga untuk melindungi orang-orang terdekat yang kita cintai.


Nah.. Metrofriends, dengan kebiasaan baru ini, memakai masker terus menerus, adakah yang mengalami keluhan yang sama seperti saya, yaitu jadi timbul jerawat? Dan ada jugakah yang mengalami kulit tangan kering karena rajin mencuci tangan? Simaklah hasil perbincangan kami dengan Prof. Dr. dr. Retno W. Soebaryo, SpKK, dokter spesialis Kulit & Kelamin RS MMC, sebagai berikut.


Prof. Retno menjelaskan terlebih dahulu susunan struktur kulit kita beserta komponen-komponen di dalamnya. Kulit itu secara garis besar terdiri atas lapisan, mulai dari paling luar sampai ke dalam, berurutan: Epidermis, Dermis, dan Hypodermis. Pada lapisan yang paling atas / paling luar, epidermis, terdiri pula atas lapisan-lapisan mulai dari stratum corneum yang paling luar, hingga stratum basale yang paling dalam. Sel yang masih hidup merupakan sel yang memiliki inti, sedangkan yang mati adalah sudah tidak memiliki inti sel dan siap untuk terlepas, beregenerasi digantikan dengan kulit yang baru. Siklus sel kulit dari hidup sampai mati dan terlepas memakan waktu 4-6 minggu.

Lapisan Stratum Corneum dapat dibayangkan susunannya seperti susunan batu bata dengan semen sebagai perekatnya. Batu bata adalah sel-sel korneosit berkeratin yang bersifat hydrophyllic / menarik air, sedangkan semen adalah barrier lipid/jaringan interseluler lemak yang bersifat hydrophobic / resisten terhadap air bertugas menjaga kehilangan cairan dari dalam ke luar dan mencegah penetrasi material berbahan dasar atau larut dalam air dari luar ke dalam.

Barrier lipid ini terdiri atas berbagai komponen lemak namun yang paling banyak, lebih dari 50% terdiri atas Ceramide. Mari mengenal lebih dalam apakah Ceramide ini. Ceramide ini sering ditemukan pada membran sel. Memiliki peran penting guna mempengaruhi fungsi permeabilitas kulit.


Bila Ceramide berkurang maka dapat terjadi hal-hal berikut:

  1. Kulit kekurangan daya untuk menahan sel-sel mengacu pada analogi susunan batu bata dengan semen.

  2. Peningkatan kehilangan kelembaban kulit

  3. Memudahkan masuknya alergen, zat pathogen, dan bahan-bahan iritan.

  4. Merangsang syaraf, menimbulkan rasa gatal.

Bisa disimpulkan apabila terjadi defisiensi Ceramide, maka pada kulit kita akan mudah terjadi inflamasi / peradangan.

Perlu diketahui dahulu oleh Metrofriends, salah satu fungsi kulit kita adalah sebagai ekskresi, yaitu mengeluarkan kotoran dari tubuh seperti keringat. Maka kulit harus secara teratur dibersihkan. Saat menjalankan kebiasaan baru yaitu rajin mencuci tangan dan sesuai arahan tiap mencuci tangan dijalankan selama 20 detik, tentunya akan mengakibatkan kulit tangan menjadi kering. Terutama yang mencucinya lebih sering menggunakan hand sanitizer. Hand sanitizer yang berbahan dasar alkohol akan membuat kulit lebih kering dibandingkan dengan sabun dan air. Disinilah peran penting menggunakan moisturizer / pelembab.


Penggunaan moisturizer akan membuat kulit lebih lentur dan fleksibel. Pada pemakaian masker secara terus menerus, karena gerakkan kepala dan wajah, seringkali gesekkan yang terjadi antara kulit wajah kita dengan bahan masker mengakibatkan kulit mengalami iritasi. Apabila kulit kita lentur maka tidak mudah menjadi iritasi ketika tergesek bahan masker.


Moisturizer apa yang efektif bekerja pada kulit kita? Karena Metrofriends telah mengetahui peran pentingnya Ceramide ini untuk menjaga kelembaban kulit kita yang sekaligus melindungi diri kita dan mencegah masuknya alergen dan bahan iritan lain, maka sudah ada diproduksi pelembab-pelembab dengan Ceramide Dominant / berbahan dasar Ceramide. Dengan kemajuan tehnologi ,sudah dapat dibuat struktur pelembab yg menyerupai susunan lapisan pada stratum corneum agar saat diaplikasikan ke kulit mudah terserap masuk ke lapisan kulit kita dan dapat langsung menjaga kelembaban.


Jadi dapat kita simpulkan bahwa di masa pandemi ini penting untuk tetap menjalankan protokol Kesehatan 3M: Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Namun tak kalah penting ketika sehabis mencuci tangan atau wajah, memakai pelembab agar kulit kita tidak kering dan mudah mengalami iritasi.


Pembahasan topik ini juga kami siarkan pada podcast kami : MMC Hospital Podcast pada episode 6 mendatang dan pada Youtube kami di MMC Hospital.


Bagi Metrofriends yang ingin datang untuk berkonsultasi langsung dengan prof. Retno, dapat menemui beliau setiap hari Senin, pk. 12.00-13.00 WIB. Sedangkan untuk menggunakan layanan Telemedicine, dapat mendaftarkan diri di WA registration 0811-8433-435.

Narasumber : Prof. Dr. dr. Retno W. Soebaryo, SpKK

Penulis : dr. Sasha Hardjakusumah, MM

Promkes RS MMC

 

Klik disini untuk pendaftaran konsultasi!

88 views0 comments