Hari Kanker Anak Sedunia: Waspadai Gejala pada Si Kecil



Metrohealth - MetroFriends tau gak sih kalau penyakit Kanker itu tidak hanya dialami orang dewasa saja? Ternyata Penyakit Kanker juga dialami oleh anak-anak, lho!. Faktanya penyakit kanker tak hanya menyerang orang dewasa tapi juga anak-anak. Seperti yang tercatat oleh WHO bahwa Kanker terjadi pada lebih dari 300.000 anak setiap tahun di seluruh dunia dan 90.000 di antaranya meninggal dunia.


Angka kematian akibat kanker anak mencapai 50-60 persen karena umumnya penderita datang terlambat atau sudah dalam stadium lanjut akibat gejala kanker yang sulit terdeteksi. Pada Tahun 2019 saja, sekitar 31.500 pasien, termasuk hampir 2000 anak-anak terdiagnosis kanker. Diperkirakan angka ini akan terus meningkat jika tidak ada tindakan dan kontrol yang cepat dan tepat.

Gejala yang muncul jika tidak segera ditangani dengan tepat dapat menjadi Kanker yang mematikan. Makanya disini peran Orang Tua sangat penting untuk mengetahui gejala dini kanker yang diidap oleh anak agar dapat ditangani dengan segera. Dikutip dari Cancer.net, Berikut beberapa contoh gejala awal dari Kanker tersebut:

  1. Anak memiliki wajah yang pucat.

  2. Anak selalu terlihat lemas dan tidak bertenaga.

  3. Anak mengalami penurunan makan, bahkan tidak mau makan.

  4. Anak mengalami pembengkakan atau benjolan pada area tubuh yang terkena kanker.

  5. Anak mengeluhkan sakit di area yang sama dalam waktu yang lama.

  6. Anak mudah berdarah atau mengalami lebam.

  7. Anak kesulitan untuk bergerak atau berjalan.

  8. Anak mengalami demam yang tidak membaik.

  9. Anak mengeluhkan sering sakit kepala dan muntah-muntah.

  10. Anak mengalami gangguan penglihatan secara tiba-tiba.

  11. Anak mengalami penurunan berat badan tanpa sebab.


Jenis Kanker yang sering menyerang anak-anak

Dikutip dari Perhimpunan Dokter Umum Indonesia, terdapat 6 jenis kanker yang menyerang anak-anak, yaitu:

  • Leukemia

  • Retinoblastoma

  • Osteosarkoma

  • Neuroblastoma

  • Limfoma Maligna

  • Karsinoma Nasofaring


Meskipun kanker pada anak hanya menyumbang 3-5% dari semua kasus kanker, akan tetapi membutuhkan pendekatan khusus dalam penanganannya. Karena kanker pada anak sering terdeteksi secara tiba-tiba tanpa ada gejala signifikan. Meskipun kanker pada anak hanya menyumbang 3-5% dari semua kasus kanker, akan tetapi membutuhkan pendekatan khusus dalam penanganannya. Karena kanker pada anak sering terdeteksi secara tiba-tiba tanpa ada gejala signifikan.


MetroFriends, jika si kecil dicurigai terkena kanker, sebaiknya segera membawanya ke Poli Anak Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre. Tujuannya adalah untuk mengkonfirmasi apakah gejala yang dijumpai tersebut adalah benar kanker atau bukan. Yuk, MetroFriends! kenali gejala awal dari Kanker yang menimpa si kecil agar hidup si kecil tidak terganggu dengan penyakit dan masih dapat tertolong. (NAM)

14 views0 comments