Hitung Langkahmu dan Rasakan Manfaatnya!


Metrohealth - Dalam menjalani aktifitas keseharian yang padat tentunya sangat menyita waktu dan perhatian yang membuat MetroFriends lelah sehingga mengesampingkan latihan fisik untuk menjaga kebugaran tubuh. Karena selain menjaga pola makan dan memenuhi asupan makanan bergizi, olahraga rutin diperlukan agar badan tetap fit dan bugar. Nah, MetroFriends udah tahu belum, salah satu olahraga tanpa modal yang ternyata banyak banget manfaatnya loh!


Orang Indonesia Paling Malas Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan aktifitas fisik yang dapat dilakukan oleh hampir semua kalangan baik dari segi strata sosial, gender dan usia bisa melakukan aktifitas fisik ini. Melalui laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan bahwa para peneliti di Universitas Stanford mengkaji data ponsel dari ratusan ribu orang di seluruh dunia menggunakan aplikasi pemantau aktivitas pada 700.000 telepon selular penduduk. Hasilnya, bahwa orang Indonesia berada pada posisi teratas menempati posisi sebagai penduduk paling malas sedunia dengan data tercatat hanya 3.513 langkah per hari.


Manfaat Jalan Kaki bagi Tubuh

Dilansir dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia berjalan tanpa henti dengan rentang waktu 15-30 menit per hari secara rutin dapat mengubah penampilan dan membuat tubuh lebih sehat. Bahkan ada segudang manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh kita, 5 manfaat berjalan kaki yang MetroFriends wajib ketahui:


1.Menambah Kekuatan Otot

Selain menjadi salah satu olahraga dengan kemungkinan cedera yang lebih kecil, Jalan kaki dengan tempo yang lambat dapat melatih kekuatan otot, paha,betis hingga semua bagian kaki. Kamu hanya perlu berjalan 10.000 langkah per hari dan berjalan menanjak sama seperti berlatih di fitness centre.


2. Menurunkan Berat Badan

Membiasakan berjalan kaki secara rutin dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh. Dengan begitu kelebihan lemak di bawah kulit akan terbakar bila kita rutin dan konsisten berjalan kaki kurang lebih 60 menit sehari.


3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Tidak hanya olahraga berat saja, Faktanya olahraga ringan seperti jalan kaki yang dilakukan secara rutin dapat membantu mencegah penyakit jantung dan mengurangi resiko penyakit jantung turunan. Berjalan kaki secara cepat memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. Dengan demikian otot jantung berfungsi normal memompakan darah tiada henti.


4. Mencegah Diabetes

Berdasarkan penelitian National Institute of Diabetes Gigesive & Kidney Diseases, Diabetes tipe 2 dapat ditunda dan dicegah perkembangannya dengan membiasakan berjalan kaki sekitar 6 km per jam dengan waktu tempuh 50 menit per hari. Bahkan pada kasus diabetes tipe 2 ini dapat diatasi tanpa harus minum obat, karena gerak badan secara rutin dan konsisten gula darah menjadi terkontrol.


5. Menghilangkan Sakit Punggung dan Memperkuat Sendi

Berjalan kaki bisa menjadi solusi bagi MetroFriends yang ingin berolahraga namun tidak bisa melakukan olahraga berat karena sakit punggung. Berjalan kaki dinilai ampuh untuk memperbaiki postur tubuh dan mendorong perbaikan sirkulasi darah di dalam struktur tulang belakang serta fleksibilitas bagi kesehatan tulang belakang. Selain itu, berjalan kaki minimal 30 menit per hari dapat mengurangi peradangan, kaku dan sakit pada sendi.


Nah, MetroFriends tips agar tidak bosan dan lebih semangat saat berjalan kaki, kamu bisa sambil mendengarkan hiburan musik atau mengajak teman untuk jalan kaki bersama lho.

Setelah mengetahui manfaat diatas, yuk! Mulai hidup yang lebih sehat dari olahraga sederhana. Sudah berapa langkahmu hari ini? hitung langkah kaki mu dari sekarang.


Jika MetroFriends ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kebugaran tubuh, dapat langsung menghubungi 0817-4903-162 atau dapat berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga yang dapat ditemui di Wellness Cluster lantai 7 Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre. (SA)


35 views0 comments