Ini Dia, 5 Makanan Viral di Serial Netflix “Squid Game”!


Metrohealth RS MMC - Viralnya serial Netflix berjudul “Squid Game” sudah menjadi buah bibir di seluruh dunia semenjak tayangannya di bulan September lalu. Terlepas dari alur cerita yang menegangkan dan kontroversi di balik layar yang panas dibicarakan, kali ini kita bisa melihat beberapa makanan khas Korea yang kini ikut viral. Pada artikel ini, tim redaksi Metrohealth sudah merangkum 5 makanan dari negeri ginseng yang menjadi sorotan dalam “Squid Game”.


1. Bento Box

Kalau di Indonesia nasi kotak kita bisa berisi nasi padang atau nasi bali, atau nasi dengan lauk khas Indonesia lainnya. Nah di Korea, nasi kotaknya biasa disebut dengan ‘Dosirak’. Dosirak yang ditampilkan dalam episode pertama di Squid Game ini berisi nasi, telur, dan kimchi. Para pemain Squid Game yang rata-rata memiliki kehidupan terlilit hutang bahkan tidak bisa menikmati makanan enak, saat melihat ‘Dosirak’ itu seolah makanan terenak yang sudah lama tidak mereka makan.


2. Permen Dalgona

Permen Dalgona, atau dalam bahasa Korea ‘Ppopgi’, adalah cemilan manis yang terbuat dari gula, sirup jagung dan soda kue. Cara pembuatannya mudah dan sangat disukai anak-anak Korea zaman dulu. Mereka yang membeli Permen Dalgona biasanya akan ditantang oleh penjualnya untuk bisa memecahkan permen sesuai bentuk di bagian tengahnya. Ada yang berbentuk bulat, segitiga, bintang, hingga payung. Permen Dalgona ini pun digunakan sebagai salah satu permainan yang harus dimainkan oleh peserta Squid Game. Bahkan yang lebih menghebohkan, sekarang Permen Dalgona tengah viral di kalangan pebisnis makanan negara-negara di luar Korea.


3. Roti Saboro

Roti Saboro disebut juga dengan ‘Soboro Ppang’. Dalam bahasa Korea, kata 'soboro' artinya adalah jelek, sementara kata 'ppang' artinya adalah roti. Jadi di sini roti khas Korea ini biasanya diisi dengan pasta kacang. Rasanya manis dengan perpaduan tekstur lembut di dalam di renyah di bagian luar. Roti ini adalah salah satu makanan yang diberikan kepada pemain Squid Game saat beristirahat.


4. Telur Kukus

Pada salah satu episode, para pemain Squid Game diberikan Telur Kukus atau disebut Maekbanseok Gyeran’. ‘Maekbanseok’ artinya batu elvan, sedangkan ‘gyeran’ adalah telur. Makanan ini paling sering dijumpai ketika Anda berada di tempat sauna di Korea. Pasangan makanan ini biasanya dengan minuman Cider. Minuman ini terbuat dari hasil fermentasi sari buah apel. Cider apel bisa mengandung alkohol 6,5% - 8%.


5. Steak

Di menjelang episode terakhir Squid Game, para pemain yang tersisa disajikan T-steak yang merupakan potongan daging sapi berbentuk seperti huruf T, biasa disebut T-bone steak. Steak panggang tersebut disajikan dengan tomat cherry dan asparagus. Ini termasuk makan malam termewah karena pemain juga diberikan anggur merah.


Wah, bagi para MetroFriends yang suka kuliner pasti tertarik, atau bahkan pernah mencoba makanan di atas nih. Yang masih penasaran, selamat mencoba ya.. (CAT)



10 views0 comments