Mengenal Tumor Otak

Updated: Jul 1

Bersama Dr. Adel Mousavi, Sp.BS

Dokter Spesialis Bedah Saraf MMC Hospital


Klik disini untuk cek jadwal dokter!

Metrohealth - Sebelum mengenal soal tumor otak secara spesifik, Dokter Adel, Sp.BS Dokter Spesialis Bedah Saraf Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre menyampaikan bahwa tumor sendiri secara umum merupakan segala macam benjolan yang tidak normal karena adanya pertumbuhan sel secara tidak normal.


Secara umum, tumor dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kedua jenis tumor ini baik jinak maupun ganas dapat tumbuh dimanapun, seperti di jaringan kulit, tulang, dll. Tumor otak sendiri artinya adalah pertumbuhan atau benjolan yang tidak normal yang tumbuh di otak dan jaringan sekitarnya.


Apakah Tumor Otak Memiliki Gejala Spesifik?

Menurut Dokter Adel, gejala tumor otak sangatlah beragam, terkadang tidak memiliki gejala spesifik seperti tumor lainnya. Karena fungsi tiap-tiap bagian otak berbeda, maka tumor otak memiliki gejala disesuaikan dengan dimana letak tumor tersebut tumbuh pada otak. Sebagai contoh, apabila tumor tumbuh di area yang mengatur pergerakan tangan sebelah kanan, maka gejalanya akan terjadi kelemahan atau keterbatasan dalam pergerakan tangan sebelah kanan. Namun, gejala umum yang sering muncul pada tumor otak adalah sakit kepala, hal ini karena adanya peregangan selaput otak karena pertumbuhan tumor tadi. Tumor otak juga dapat menyebabkan kejang akibat iritasi pada permukaan otak hingga dapat pula menyebabkan penurunan kesadaran.


Dapat Menyerang Siapa Saja Tumor Otak?

Dokter Adel menjelaskan bahwa tumor otak dapat terjadi pada semua generasi kelompok usia, mulai dari anak kecil usia hingga pasien lanjut usia. Penyebab terjadinya tumor otak juga tidak diketahui secara spesifik, namun pada umumnya terdapat beberapa hal yang bisa menjadi faktor resiko terjadinya tumor otak seperti halnya merokok, terlalu sering mengkonsumsi makanan berjenis fast food dan mengandung pengawet serta adanya riwayat keluarga yang terkena tumor otak.


Bagaimana Tatalaksana Tumor Otak?

Tumor otak bukanlah suatu hal yang tidak bisa ditangani, Tumor otak memiliki tata laksana yang berbeda-berbeda disesuaikan dengan berbagai faktor. Pada prinsipnya, segala macam tumor otak yang sudah menimbulkan gejala harus segera ditatalaksan. Tatalaksananya umumnya berupa operasi dan dapat juga dikombinasikan dengan metode lain seperti radiotherapy atau chemotherapy.


Lanjut menurut Dokter Adel, pemilihan tata laksana tersebut harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti dengan kondisi pasien pada umumnya, jenis tumornya, dan lokasi tumornya. Oleh karena itu tidak semua tumor dapat dilakukan operasi, radiotherapy maupun chemotherapy. Secara real-nya, jenis tumor baru dapat diketahui setelah dilakukan tindakan operasi, yang kemudian diserahkan kepada pihak laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan Histopatologi. Setelah kita mengetahui jenis tumornya, barulah kita dapat menentukan langkah selanjutnya untuk tatalaksana pasca operasinya

Kapan Sebaiknya Melakukan Pemeriksaan Terkait Tumor Otak?

Dokter Adel memberikan sebuah tips apabila MetroFriends mengalami gejala seperti nyeri kepala yang tidak kunjung hilang (bersifat menetap) yang semakin dirasa semakin, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan kondisi atau gejala tersebut agar tidak terlambat dalam penanganan berikutnya. Tumor otak tidak dapat dihindari seperti penyakit lainnya, karena tidak ada penyebab spesifik sehingga hanya diperlukan kewaspadaan untuk mengurangi terjadinya peningkatan resiko tumor otak. Maka, penting bagi MetroFriends untuk mengenali terlebih dahulu terkait tumor otak.

Jika MetroFriends ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai pemeriksaan tumor otak, maupun rawat inap dan rawat jalan, dapat langsung menghubungi layanan Metrovia atau dapat berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Bedah Saraf Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre. (AR)

Dr. Adel Mousavi, Sp.BS

Dokter Spesialis Bedah Saraf Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre


31 views0 comments