top of page

Penegakkan Diagnosis pada Covid-19 dengan Pemeriksaan Biomolekuler & Serologi

Updated: Nov 25, 2020

Bersama:

Prof. Dr. Riadi Wirawan, SpPK-K

DR Dr Agus Kosasih, SpPK

Dr Harny Edward, SpPK



Seiring dengan perkembangan dari Pandemi Covid -19 yang terjadi di seluruh penjuru dunia, penelitian tentang Covid -19 masih terus dilakukan hingga hari ini. Berbagai institusi dan organisasi masih terus berlanjut untuk mengetahui cara menegakkan diagnosis, pengobatan, dan pencegahan untuk mengurangi jumlah dari angka kasus penyebaran Covid -19.


Covid-19 disebabkan oleh Virus SARS-CoV-2 yang dapat ditularkan melalui infeksi droplet yang melekat pada selaput lendir (hidung, tenggorok, dan alveoli). Saat ini pemeriksaan pada Covid-19 menggunakan dua metode, yaitu dengan pemeriksaan biomolekuler dan serologi. Pemeriksaan biomolekuler mengambil bahan pemeriksaan Swab Nasofaring (belakang hidung), Orofaring (belakang mulut), atau air liur (saliva). Sedangkan, serologi yaitu dengan pengambilan darah. Pemeriksaan swab SARS-CoV-2 tersebut dapat dilakukan pada hari ke-1 dan ke-2 hari perawatan atau bila kondisi fisik pasien mengalami penurunan.


Dalam perjalanannya, terdapat beberapa tahapan klinis dari Covid-19, seperti terlihat pada grafik di bawah ini. Grafik berikut akan menampilkan perjalanan penyakit Covid -19 dari sebelum adanya gejala yang muncul hingga munculnya gejala klinis Covid -19.


Gambar 1. Perkiraan variasi uji diagnostic untuk infeksi SARS-CoV-2


Selanjutnya, jika seseorang melakukan serangkaian tes untuk mendeteksi SARS-CoV-2 akan terjadi beberapa kemungkinan. Berikut ini adalah gambaran dari hasil penilaian pemeriksaan Covid-19.


Tabel 1. Hasil penilaian pemeriksaan SARS-Cov-2


Berdasarkan gambaran perjalanan penyakit Covid-19, untuk menegakkan diagnosis Covid-19 seseorang disarankan untuk melakukan pemeriksaan biomolekuler (RT-PCR SARS-CoV-2) dan serologi IgG, IgM SARS-CoV-2 secara bersamaan. Hal tersebut dilakukan agar hasil pemeriksaan lebih komprehensif.


 

Klik disini untuk pendaftaran konsultasi!



341 views0 comments
bottom of page