top of page

Pentingnya Medical Check Up Rutin

Updated: Dec 23, 2022


Pentingnya Medical Check Up yang rutin bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah mencegah terjadinya penyakit kronis yang mungkin tidak memiliki gejala, sehingga dapat ditangani lebih awal.


Metrohealth - MetroFriends, pernahkah bertemu dengan seseorang yang merasa tubuhnya sehat, tetapi tiba-tiba terserang penyakit bahkan sampai harus menjalani tindakan-tindakan yang berat. Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan memeriksakan kesehatan atau Medical Check Up secara rutin.


Pentingnya Medical Check Up secara rutin

Medical Check Up secara rutin memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mencegah penyakit-penyakit kronis untuk terlambat dideteksi ataupun ditangani. Sehingga pengobatan yang diberikan juga lebih mudah untuk dilakukan. Karena beberapa penyakit berbahaya tidak dapat diidentifikasi perkembangannya kecuali jika seseorang melakukan Medical Check Up secara rutin. Tapi tahukah MetroFriends bahwa pemeriksaan Medical Check Up tidak hanya pemeriksaan fisik oleh dokter lhoo, tetapi juga dapat dilakukan dalam bentuk tes laboratorium ataupun pemeriksaan lainnya.


Memeriksakan kesehatan yang rutin juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit dengan menjaga pola makan, berat badan, dan tingkat aktivitas fisik yang sehat. Medical Check Up yang dilakukan secara rutin dapat membantu mengevaluasi kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh.


Manfaat melakukan Medical Check Up secara rutin

Mengapa seseorang disarankan untuk rutin melakukan Medical Check Up paling tidak 1 kali dalam setahun? Pemeriksaan Medical Check Up yang rutin sangat penting apalagi jika seseorang tersebut memiliki gaya hidup yang berisiko terhadap kesehatan. Selain itu, manfaat yang dapat dirasakan ketika seseorang rajin melakukan Medical Check Up adalah sebagai berikut:


1. Membantu mengetahui kondisi kesehatan terkini

Pemeriksaan Medical Check Up ini dapat membantu seseorang untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini secara menyeluruh. Selain itu juga Medical Check Up dapat mendeteksi dengan segera berbagai penyakit yang mungkin tidak menimbulkan gejala.


2. Motivasi menjalankan pola hidup sehat

Dengan rutin melakukan Medical Check Up, MetroFriends dapat termotivasi untuk melakukan gaya hidup yang lebih sehat dan memastikan kondisi tubuh saat akan menjalani proses pengobatan tertentu agar terhindar dari risiko efek samping berbahaya. Melalui Medical Check Up juga dapat dimanfaatkan sebagai konsultasi langsung MetroFriends dengan dokter mengenai masalah kesehatan atau gejala yang sedang diderita.


3. Biaya perawatan menjadi lebih rendah

Pemeriksaan Medical Check Up secara rutin tentu mengurangi risiko penyakit-penyakit kronis yang berbahaya. Atau jika seseorang memiliki penyakit dan terdeteksi lebih dini, Medical Check Up membuat seseorang tersebut terhindar dari risiko menjalani operasi dan tindakan medis lainnya.


4. Terhindar dari Risiko Komplikasi Penyakit

Seiring berjalannya waktu, kondisi kesehatan dapat berubah. Dengan melakukan Medical Check Up yang rutin dan menyeluruh, MetroFriends dapat memperoleh informasi seputar faktor risiko dari penyakit-penyakit yang mungkin diderita. Sehingga MetroFriends dapat mencegah lebih awal penyakit tersebut dan meminimalisasi adanya komplikasi. Karena semakin parah suatu penyakit, semakin sulit untuk bisa pulih dengan maksimal. Kualitas hidup pun menjadi turun karena penyakit yang diderita.


Jenis-jenis Medical Check Up

Jenis pemeriksaan dalam Medical Check Up biasanya dilakukan sesuai dengan kebutuhan seseorang. Ada banyak jenis metode pemeriksaan Medical Check Up, semua dapat dilakukan tergantung usia, jenis kelamin dan juga riwayat kesehatan keluarga. Beberapa contoh pemeriksaan yang termasuk dalam Medical Check Up adalah:


1. Pemeriksaan Fungsi Jantung (Ekokardiografi/EKG)

Salah satu pemeriksaan yang biasa dilakukan saat Medical Check Up adalah Ekokardiografi (EKG). EKG ini bertujuan untuk memeriksa kondisi, struktur, dan fungsi jantung.


2. Pemeriksaan Radiologi

Pemeriksaan Radiologi bertujuan untuk memeriksa adanya penyakit lewat tampilan gambar dari sinar X. Beberapa penyakit yang bisa diketahui melalui pemeriksaan ini adalah kanker, tumor, penyakit jantung, stroke, kelainan paru, serta gangguan tulang dan sendi.


3. Pemeriksaan Laboratorium

Beberapa jenis tes yang biasa dilakukan dalam pemeriksaan laboratorium saat Medical Check Up, yaitu:

  • Pemeriksaan hematologi. Untuk mengetahui kualitas dan kuantitas dari sel darah merah, sel putih, trombosit, dan hal-hal lain seputar darah.

  • Pemeriksaan urine. Untuk memeriksa warna, pH, protein/albumin, gula, bilirubin, dan darah.

  • Pemeriksaan feses. Dilakukan dengan memeriksa warna dan konsistensi feses atau tinja.

  • Cek Kolesterol

Cek kolesterol juga termasuk salah satu pemeriksaan penting dalam Medical Check Up. Karena, kolesterol yang tinggi dapat memicu berbagai masalah serius, seperti penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol yang dikatakan normal adalah di bawah 200 mg/dL.


4. Tes Kadar Gula Darah

Kadar gula darah normal adalah 70-100 mg/dL. Jika kadarnya 100-125 mg/dL, kondisi tersebut berada pada fase pra diabetes. Sementara seseorang mengalami diabetes jika kadar gula darah lebih dari 126 mg/dL. Tes kadar gula darah biasanya dilakukan setelah berpuasa minimal 8 jam sebelumnya.


5. Pemeriksaan Fungsi Hati

Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengecek kadar enzim dan protein dari sampel darah. Pemeriksaan ini penting untuk mendeteksi dan memantau perkembangan penyakit liver, menilai efektivitas dan memantau efek samping pengobatan, serta memeriksa seberapa parah kerusakan hati


6. Pemeriksaan Fungsi Ginjal

Ada beberapa jenis tes untuk melakukan pemeriksaan fungsi ginjal seperti Ureum atau Blood Urea Nitrogen (BUN) untuk menentukan kadar urea nitrogen dalam darah. Selain itu pemeriksaan lainnya adalah Tes urine. Untuk mendeteksi adanya protein atau darah dalam urine.


Medical Check Up merupakan upaya yang dapat membantu MetroFriends untuk bisa mengetahui kondisi tubuh terkini dan potensi penyakit secara menyeluruh. Dengan melakukan pemeriksaan Medical Check Up, MetroFriends dapat segera mendeteksi masalah kesehatan yang mungkin tidak memiliki gejala dan bisa melakukan penanganan medis yang tepat dengan segera. Dengan begitu, penyakit tidak akan sampai ke tahap yang lebih parah hingga berakibat fatal di kemudian hari.


Jika MetroFriends ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai pemeriksaan Medical Check Up yang nyaman di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre, dapat langsung menghubungi 0817-4903-299.


KEMENKES | NHS UK


76 views0 comments
bottom of page