Penyakit Leukimia serta Mitos & Fakta di Masyarakat

Updated: Jun 14

Bersama Dr. Wulyo Rajabto, SpPD-KHOM

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi-Onkologi


Klik disini untuk cek jadwal dokter!

MetroHealth - Dewasa ini ada banyak mitos atau informasi tanpa dasar yang beredar di masyarakat kita seputar penyakit kanker darah, seperti Leukemia. Penyakit leukimia adalah kanker darah akibat tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih abnormal. Leukemia dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak.


MetroFriends, mari simak pembahasan seputar beberapa mitos di bawah ini:

[MITOS] Anemia bisa menyebabkan Leukemia

[FAKTA] Anemia bukan penyebab seseorang terkena Leukemia. Tetapi, justru sebaliknya, penderita Leukemia biasanya mengalami anemia (kondisi dimana tubuh tidak mampu menghasilkan sel darah merah yang sehat/ hemoglobin). Leukemia adalah kanker darah yang menyerang sel darah putih sehingga jumlahnya melebihi batas normal. Hal tersebut bisa mempengaruhi fungsi-fungsi organ tubuh yang lain, seperti anemia, HB rendah, dan trombosit rendah.

[MITOS] Leukemia lebih banyak menyerang anak-anak dibanding orang dewasa

[FAKTA] Penyakit Leukemia terdiri dari beberapa jenis. Ada jenis Leukemia yang menyerang anak-anak, tapi ada juga yang umumnya diderita orang dewasa.

Penyakit Leukemia yang sering menyerang orang dewasa: Leukemia Limfositik Kronik, Leukemia Mielositik Kronik, Leukemia Mieloblastik Akut.

Penyakit Leukemia yang sering menyerang anak-anak: Leukemia Limfoblastik Akut.

[MITOS] Leukemia tidak bisa disembuhkan

[FAKTA] Seiring perkembangan teknologi dan kemajuan ilmu pengetahuan, maka ada beberapa jenis Leukemia yang bisa diobati hingga sembuh, ada juga yang hanya bisa dikendalikan. Jika menjalani pengobatan dengan baik dan benar, Leukemia Mieloid Akut dan Leukemia Limfoblastik Akut potensial bisa sembuh.

Penemuan obat-obatan terapi target jenis Tyrosine Kinase Inhibitors bisa mengendalikan Leukemia Myeloid Kronik; sedangkan kombinasi Kemoimunoterapi bisa mengendalikan Leukemia Limfositik Kronik.

Belum diketahui cara efektif untuk mencegah penyakit Leukemia ini, namun kita bisa menurunkan resiko terkena Leukemia dengan menjalankan gaya hidup sehat, seperti:

  • Minum air putih yang cukup

  • Makan makanan yang bergizi seimbang

  • Jika merasa sakit atau gejala-gejala tertentu, segera temui dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut

  • Hindari makanan yang mengandung pengawet

  • Tidak merokok


Jika MetroFriends ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai pemeriksaan Leukimia, maupun rawat inap dan rawat jalan, dapat langsung menghubungi layanan Metrovia atau dapat berkonsultasi langsung dengan Dokter Sub Spesialis Penyakit Darah & Onkologi Medik Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre. (NAM)



Dr. Wulyo Rajabto, SpPD-KHOM

17 views0 comments

Recent Posts

See All