Percepat Pemulihan Pasca Melahirkan dengan Teknik ERAS

Updated: Jul 1


Metrohealth - Pemulihan pasca operasi melahirkan biasanya memakan waktu lama, hal ini menjadi pertimbangan untuk para calon Metro Moms dalam mempersiapkan kelahiran sang buah hati. Kini, Metro Moms tidak perlu lagi untuk cemas, karena sudah ada teknik operasi melahirkan untuk mempercepat teknik pemulihan yaitu teknik ERAS. Teknik ERAS merupakan salah satu teknik yang dilakukan para dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Metropolitan Medical Centre untuk para calon ibu yang ingin beraktivitas dengan segera pasca melahirkan.


Apa itu ERAS?

Enhanced Recovery After Surgery (ERAS), dikenal juga sebagai fast track surgery atau Enhanced Recovery Protocol (ERP), yang merupakan suatu teknik tindakan operasi yang didesain khusus untuk mengurangi rasa nyeri, lama rawat inap, meningkatkan waktu pemulihan pasca-operasi, hingga meminimalkan komplikasi pasca-operasi.

ERAS menggabungkan beberapa teknik operasi yang bertujuan untuk mempercepat kemampuan mobilisasi dini pada pasien pasca operasi dan menurunkan respon stres selama operasi. Dengan teknik ini, memungkinkan ibu untuk melakukan pergerakan yang lebih cepat, yaitu sekitar 2 jam pasca operasi caesar dengan nyeri seminimal mungkin.

Nagita Slavina merupakan salah satu contoh yang baru-baru ini menggunakan teknik ERAS untuk proses melahirkan anak kedua pada, Jumat (25/11/2021). Artis yang biasa disapa Gigi dapat bergerak aktif dengan cepat pasca proses melahirkan. Selain itu, Aurel Hermansyah, anak dari Anang Hermansyah pada Rabu (2/2/2022) juga melahirkan dengan menggunakan teknik ERAS untuk proses melahirkan anak pertamanya. Hal itu menarik perhatian publik karena biasanya jika setelah pasien selesai operasi caesar, tidak boleh menggerakan badannya selama 12 jam. Itulah sedikit gambaran manfaat dari teknik ERAS. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat ERAS untuk para calon ibu:

Apa manfaat ERAS-C?

Setidaknya ada tiga kelebihan dari metode ERAS, yaitu mengurangi komplikasi & lamanya perawatan pasca melahirkan, meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pasien serta agar terbentuk bonding yang baik antara ibu dan bayi. Selain itu, kelebihan dari metode ERAS dapat meminimalisir nyeri, disfungsi usus postoperative (pada operasi kolorektal) dan mobilisasi.

Apa saja manfaat melahirkan di RS Metropolitan Medical Centre?

RS Metropolitan Medical Centre mempunyai tim dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan (Obgyn), spesialis Anestesi dan spesialis Anak yang handal di bidangnya. Selain itu Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi para Metro Moms, meliputi:

  • USG 4D

  • Buku Hamil

  • Pengingat Jadwal Kontrol

  • Prenatal Yoga

  • Kamar Bersalin yang berdekatan dengan ruang bayi

  • Kamar Operasi yang berdekatan dengan kamar bersalin dan ruang bayi

  • Kamar Bayi dengan perawatan intensif

  • Klinik Laktasi / Menyusui

  • Pelayanan Homecare

  • Personal Chat via WhatsApp

Gambar 3.1 Cluster Khirani Poli Obgyn Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre Lantai 7


Gambar 3.2 Lounge Poli Obgyn Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre Lantai 7


Gambar 3.3 Ruangan Poli Obgyn Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre Lantai 7


Selain berbagai fasilitas diatas, ada juga berbagai paket promo yang tersedia, agar Metro Moms & MetroFriends dapat merasakan kenyamanan selama masa kehamilan hingga melahirkan di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre.

Jika MetroFriends ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai tindakan ERAS, dapat langsung menghubungi layanan Telemedicine atau dapat berkonsultasi langsung dengan Dr. Arief Gazali, Sp.OG serta dapat juga menghubungi tim Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre. (NAM)


Tetap sehat dan bahagia, MetroFriends!

Sumber: Labor RS MMC & Kompas

Dr. Arief Gazali, Sp.OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre


30 views0 comments