Pertolongan Pertama Pada Serangan Stroke Harus Dalam Golden Hour

Updated: Aug 3, 2021


Metrohealth RS MMC - MetroFriends, pasti pernah mendengar tentang penyakit Stroke. Ya, kondisi darurat medis ini bisa mengenai siapa saja dan kapan saja. Stroke adalah kondisi dimana seseorang mengalami penyumbatan darah ke otak, sehingga terjadi pecah pembuluh darah. Hal ini bisa membuat kelumpuhan dan kerusakan pada fungsi otak, baik sebagian atau bahkan seluruhnya. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk segera memberi pertolongan yang tepat di saat melihat orang dengan serangan Stroke.


Yuk, Kenali Dulu Tanda Stroke

Bagi kita yang belum pernah melihat seseorang dengan serangan Stroke, maka cara mudah mengenalinya disebut bisa dengan metode FAST, yaitu:

  • Face. Perhatikan muka orang yang tersebut, biasanya ia akan kaku atau sulit menggerakkan bagian mukanya. Misalnya coba minta orang tersebut untuk tersenyum, jika tampak tidak simetris atau salah satu wajah turun/ jatuh, maka bisa jadi itu salah satu tanda Stroke.

  • Arms. Minta orang tersebut untuk mengangkat kedua tangannya. Biasanya pada orang yang terkena Stroke ia akan mengalami kelumpuhan sensor motorik, sehingga tangan akan sulit diangkat.

  • Speech. Perhatikan juga bagaimana cara berbicara orang tersebut. Jika ia sudah sulit menyebutkan kata-kata dengan huruf “R” atau pelo, maka orang tersebut harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapat pengobatan.

  • Time. Ketika seseorang menunjukkan ketiga tanda di atas, maka waktu (Time) adalah hal yang berharga dalam pertolongan seseorang mengalami Stroke berat.

Dalam website Kemenkes RI, disebutkan juga slogan SeGeRa Ke RS untuk membuat masyarakat sadar akan tanda darurat Stroke dan segera membawa penderita ke rumah sakit:

  1. Senyum tidak simetris (mencong ke satu sisi), tersedak, sulit menelan air minum secara tiba-tiba

  2. Gerak separuh anggota tubuh melemah tiba-tiba

  3. BicaRa pelo / tiba-tiba tidak dapat bicara / tidak mengerti kata-kata / bicara tidak nyambung

  4. Kebas atau baal, atau kesemutan separuh tubuh

  5. Rabun, pandangan satu mata kabur terjadi tiba-tiba

  6. Sakit kepala hebat yang muncul tiba-tiba dan tidak pernah dirasakan sebelumnya. Gangguan fungsi keseimbangan, seperti terasa berputar, gerakan sulit dikoordinasi.


Ini Dia Golden Hour Penanganan Stroke

Perlu diketahui bahwa waktu adalah hal yang sangat penting bagi penderita Stroke. Golden Hour ini akan terhitung sejak waktu serangan pertama Stroke hingga mendapat pengobatan di rumah sakit yang disebutkan adalah 4,5 jam atau kurang dari itu. Semakin cepat penanganan dan pengobatan yang diterima, maka resiko kematian atau kecacatan permanen bagi penderita Stroke dapat semakin berkurang.

Oleh karena itu hal yang bisa kita lakukan saat melihat seseorang terkena serangan Stroke adalah

  • Segera hubungi Rumah Sakit atau panggil Ambulance untuk membawa pasien tersebut.

  • Usahakan posisi pasien aman dan nyaman selagi menunggu Ambulance atau tenaga medis datang.

  • Pasien dapat diberikan minum jika merasa haus, agar asupan oksigen yang masuk di dalam tubuhnya tetap tercukupi.


Cegah dan Kendalikan Stroke Bersama

Kemenkes dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melakukan usaha pencegahan stroke dengan menggalakan gaya hidup CERDIK, yaitu

  • Cek kesehatan secara berkala

  • Enyahkan asap rokok

  • Rajin aktivitas fisik

  • Diet sehat dan seimbang

  • Istirahat cukup

  • Kelola stres

Hidup sehat merupakan tujuan kita bersama. Lakukan pencegahan sedini mungkin dan berikan pertolongan SEGERA KE RS agar Stroke bisa kita tangani bersama.


Hubungi nomor telepon IGD RS MMC di 021 - 527 -3473 (Direct) atau (021) 5203435 Ext. 1106.

Salam sehat! (CAT)


Sumber: Kemenkes



 

Informasi dan pendaftaran poliklinik dapat menghubungi MMC Hospital melalui Telepon atau WhatsApp (klik disini).


29 views0 comments