Selain untuk Meredakan Nyeri, Inilah Keajaiban Lainnya dari Akupunktur Medik!

Bersama Dr. Darwin Harpin, Sp.Ak

Klik disini untuk cek jadwal dokter!

MetroHealth RS MMC - Akupunktur medik adalah suatu ilmu adaptasi dari Tiongkok yang dibawa ke kedokteran barat, yang dimana para ahli melakukan penelitian untuk membuktikan kebenaran dari akupunktur medik itu sendiri. Akupunktur juga memiliki banyak manfaat, seperti untuk meredakan nyeri, memicu hormonal, serta untuk keperluan kecantikan.


Acupressure

Satu hal yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat adalah akupunktur juga bisa dilakukan oleh masing-masing di rumah, yaitu Acupressure. Acupressure adalah teknik merangsang titik akupunktur, dengan memberikan tekanan seperti pijatan pada titik akupunktur tersebut.


Acupressure dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh, antara lain memberikan efek stimulasi yang sama dengan menggunakan jarum, hanya saja lebih singkat dan cepat. Nah, berikut ini adalah teknik acupressure yang bisa MetroFriends lakukan di rumah:


  1. Carilah posisi yang nyaman, bisa dengan duduk maupun berbaring

  2. Lakukan relaksasi (pemijatan), mulai dari bahu, lengan atas, lengan bawah, dan lengan. Masing-masing dilakukan selama 30 detik

  3. Kemudian lakukan acupresur pada titik-titik berikut (masing-masing dilakukan selama 30 detik):


Manfaat Akupunktur Medik untuk Kecantikan


Seperti yang sudah disebutkan di awal, akupunktur juga dapat menjadi solusi sehat untuk kecantikan. Terdapat beberapa manfaat akupunktur bagi kecantikan, seperti untuk menangani jerawat serta untuk anti-aging.


Dalam mengatasi jerawat, akupunktur berperan dalam memengaruhi hormonal dan secara lokal akupunktur juga dapat menangani peradangan pada jerawat.


Sedangkan untuk manfaat anti-aging, akupunktur dapat bermanfaat untuk meningkatkan telomer-telomer, serta untuk mengurangi apoptosis yaitu kematian sel. Secara lokal, akupunktur juga dapat meningkatkan kolagenisasi pada wajah. Berikut ini adalah Tips dari Dr. Darwin untuk para MetroFriends bisa melakukan acupresur di rumah untuk meningkatkan anti-aging di wajah (masing-masing dilakukan selama 30 detik):



Sudahkah kamu tahu bahwa terapi akupunktur medik dapat menurunkan berat badan?


Selain untuk solusi kecantikan, akupunktur medik juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Terdapat tiga mekanisme dalam proses menurunkan berat badan melalui akupunktur medik, yaitu mekanisme input, mekanisme proses, dan mekanisme output.


Dalam mekanisme input, akupunktur medik dapat membantu seseorang untuk mengurangi nafsu makan. Kemudian dalam mekanisme proses, akupunktur medik dapat membantu seseorang untuk mengosongkan lambung lebih cepat sehingga pencernaan juga bisa menjadi lebih baik. Terakhir, dalam mekanisme output, akupunktur dapat memicu BAB yang lebih baik. Jadi dari ketiga proses tersebut, dapat membantu seseorang untuk mengurangi berat badan.


Dalam mengurangi berat badan, terdapat beberapa titik di tubuh yang bisa dilakukan acupressure. Seperti depan telinga, empat jari dari pergelangan tangan tepatnya di bagian tengah. Acupressure tersebut dapat dilakukan sebelum makan. Menurut Dr. Darwin, akupunktur medik sangat aman untuk dilakukan oleh siapapun, asalkan tetap didampingi oleh dokter spesialis akupunktur yang telah memiliki sertifikat khusus.


Peran Akupunktur Terhadap Infertilitas


Infertilitas (ketidaksuburan) merupakan suatu kondisi ketidakmampuan seseorang untuk memiliki keturunan. Akupunktur medik dapat membantu meningkatkan angka keberhasilan kehamilan dengan menusukan jarum halus di titik-titik tertentu pada tubuh untuk memperbaiki hormon, peredaran darah dan daya tahan tubuh pasien.


Peran Akupunktur terhadap Infertilitas pada Wanita


Untuk wanita, langkah pertama yang dilakukan yaitu memastikan tidak adanya kelainan anatomi pada pasien wanita tersebut. Kemudian, Dokter Spesialis Akupunktur akan berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan dapat membantu melakukan akupunktur pada pasien.


Jadi, manfaatnya bagi wanita adalah sel-sel telur yang awalnya kecil akan membesar dengan terapi akupunktur yang bekerja secara hormonal. Selain itu, akupunktur dapat menurunkan hormon stres pada wanita sehingga tubuh wanita akan memberikan respon berupa haid yang lebih lancar.



Peran Akupunktur terhadap Infertilitas pada Pria


Dalam area lokal, terapi akupunktur medik dapat meningkatkan aliran darah ke alat kelamin pria, sehingga dapat meningkatkan jumlah sperma, bentuk yang lebih baik, serta kecepatan sperma yang lebih baik. Kemudian, secara umum terapi akupunktur medik dapat memberikan efek relaksasi dan menurunkan hormon stres.


Sebaiknya, untuk penanganan infertilitas yang lebih optimal, pria dan wanita harus melakukan terapi akupunktur secara bersama-sama.


Nah, bagi para MetroFriends yang ingin melakukan terapi akupunktur harus tetap konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis akupunktur untuk terapi yang maksimal dan menjaga keamanan dan keselamatan. (DDY)


 

Klik disini untuk pendaftaran konsultasi!

82 views0 comments