Terlambat Vaksinasi Anak Selama Pandemi, Orangtua Harus Bagaimana?

Updated: Feb 11, 2021

Bersama Dr. Reza Fahlevi, Sp.A

Klik disini untuk cek jadwal dokter!

MetroHealth RS MMC - Selama pandemi Covid-19 banyak orangtua yang merasa khawatir membawa anak berobat ke dokter, maupun untuk melakukan vaksinasi rutin. Wajar sebenarnya ada rasa kekhawatiran dalam benak orangtua mengingat anak juga dapat tertular Covid-19, seperti orang dewasa.

Kekhawatiran untuk keluar rumah, apalagi ke rumah sakit ini menyebabkan secara nasional angka cakupan vaksinasi anak menurun. Apa dampaknya?


Dampak menurunnya angka cakupan vaksinasi ini adalah rendahnya daya tahan tubuh anak terhadap penyakit-penyakit fatal yang dapat dicegah oleh vaksinasi yang disebabkan oleh bakteri/virus seperti Hepatitis B, Polio, Tuberkulosis, Diferti, Pertusis, Tetanus, Hib, Influenza, Rotavirus, Campak, Influenza, Pnemokokus, Cacar, JE, Gondongan, Hepatitis A, Tiphoid, HPV, dan Virus Dengue. Selain itu, angka cakupan vaksinasi yang rendah juga akan menurunkan herd immunity sehingga anak lain juga akan lebih rentan mengalami infeksi bakteri/virus tersebut.


Vaksinasi Kejar

Lantas, apa yang dapat dilakukan oleh orangtua dengan keterlambatan tersebut? Haruskah orangtua membiarkan keterlambatan vaksinasi tersebut begitu saja? Tentunya tidak. Orangtua pastinya menginginkan agar vaksinasinya tetap lengkap, namun tentu tetap diberikan secara aman dalam kondisi pandemi Covid-19.


Untungnya ada yang disebut dengan Catch Up Vaccination atau vaksinasi Kejar. vaksinasi kejar adalah vaksinasi yang diberikan pada anak yang sudah terlanjur terlambat vaksinasi. Sebagian besar jenis vaksinasi dapat dikejar, walaupun ada beberapa vaksinasi yang tidak dapat dikejar jika sudah terlambat seperti Rotavirus.


Nah, vaksinasi kejar ini memiliki ketentuan cara pemberian yang berbeda-beda tergantung pada jenis vaksinnya dan usia anak saat itu. Untuk itu, sebaiknya orangtua membawa anak berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk berdiskusi mengenai vaksinasi apa yang masih dapat diberikan dan bagaimana cara pemberiannya.


Vaksinasi aman selama pandemi

Vaksinasi kejar ini tentunya dimaksudkan agar setidaknya anak mendapatkan perlindungan semaksimal mungkin yang masih dapat diperoleh daripada tidak ada perlindungan sama sekali. Namun, tentunya karena pandemi belum berakhir orangtua perlu mengetahui strategi melakukan vaksinasi selama pandemi. Nah, berikut tips vaksinasi aman selama pandemi:


1. Lakukan booking jadwal dokter dan vaksin melalui telepon atau secara online

Jangan sampai Anda dan si kecil sudah ke rumah sakit, namun ternyata dokter tidak ada atau vaksin tidak tersedia. Pastikan juga jadwal perjanjian dengan dokter secara tepat, agar tidak perlu menunggu terlalu lama di rumah sakit.


2. Pilih rumah sakit yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik

Protokol kesehatan rumah sakit selama pandemi meliputi: pemeriksaan suhu sebelum masuk rumah sakit, tersedianya hand sanitizer sebelum masuk ke rumah sakit, ruang tunggu yang memadai dengan jarak kursi yang sudah diatur dengan baik untuk social distancing, serta sirkulasi udara ruangan yang baik. Dokter dan perawat juga menggunakan APD yang sesuai.


3. Siapkan perlengkapan perlindungan bayi Anda dan si Kecil

Sebelum berangkat, siapkan hand sanitizer, masker untuk anak (jika anak berusia lebih dari 2 tahun) atau faceshield (jika anak kurang dari 2 tahun). Saat berada di rumah sakit, jaga jarak dengan pasien lain. Sedapat mungkin jangan menyentuh benda-benda di rumah sakit yang tidak perlu disentuh.


4. Vaksinasi aman

Saat vaksinasi, dokter akan memeriksa kondisi anak terlebih dahulu, mengkaji riwayat vaksinasi dan menentukan vaksinasi kejar yang dapat dilakukan saat ini dengan seksama. Dokter juga memeriksa kualitas vaksin, menyuntikkan vaksin dengan benar, serta menuliskan catatan medis dengan lengkap.


5. Bersihkan diri setelah pulang

Setelah pulang vaksinasi, Anda dan si Kecil harus segera mandi dan mengganti baju untuk menghilangkan kontaminasi yang mungkin ada pada tubuh dan pakaian.


Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan takut vaksinasi selama pandemi dan mari kejar vaksinasi si Kecil yang terlambat sesegera mungkin. (CAT)


Dr. Reza Fahlevi, Sp.A


Jadwal dokter Spesialis Anak dapat dilihat di website kami. Informasi dan pendaftaran dapat menghubungi MMC Hospital melalui Telepon atau WhatsApp.

 

Klik disini untuk pendaftaran konsultasi!

67 views0 comments