Tips Membersihkan Masker Kain Seusai Digunakan


MetroHealth RS MMC - Sebagai upaya pencegahan penularan virus SARS-CoV-2 penting untuk mulai membiasakan diri dengan kebiasaan baru, seperti menjaga jarak aman (physical distancing), melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, serta yang tak kalah penting adalah selalu menggunakan masker saat hendak bepergian ke luar rumah dan selalu mencuci tangan.


Penggunaaan masker ini lah yang saat ini selalu digalakkan untuk tetap digunakan kemana pun berada. Masker dapat berfungsi untuk melindungi diri dari penyebaran virus yang menular melalui droplet atau cairan pernapasan yang keluar dari mulut dan hidung.


Menggunakan masker memang sangat disarankan lebih di tengah pandemi virus corona. Bagi individu yang sehat masker kain dapat menjadi sarana untuk memproteksi diri, meski tidak seefektif masker medis, masker kain pun dianggap oleh lembaga kesehatan seperti WHO dan Kemenkes RI bisa mengurangi penyebaran kuman.


Tetapi jangan senang dulu, masker kain dinilai dapat menghalau penularan virus corona namun ada hal yang tidak boleh sampai lengah. Masker kain memang memiliki keunggulan ramah lingkungan karena dapat digunakan berulang kali. Meski begitu, kebersihan tetap menjadi kunci untuk melindungi diri dari virus SARS-CoV-2.


Maka dari itu, penting juga untuk menjaga kebersihan masker kain sebelum digunakan dengan rutin mencuci atau membersihkannya setelah digunakan. Lalu seperti apa cara membersihkan masker kain yang benar.

  1. Siapkan air hangat dengan suhu 60-65 °C

  2. Tambahkan deterjen dan rendam masker beberapa saat

  3. Kucek masker secara perlahan hingga kotoran luruh

  4. Bilas di bawah air mengalir hingga busa hilang

  5. Keringkan di bawah sinar matahari atau menggunakan pengering panas

  6. Setrika dengan suhu panas agar bakteri dan virus mati

  7. Masker siap digunakan kembali

Bagaimana mudah bukan cara membersihkan masker. Selain itu, gunakan masker kain dengan durasi empat jam, jadi sarankan untuk selalu membawea masker kain cadangan. Tetap selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Jangan ragu juga untuk mengunjungi fasilitas kesehatan seperti RS MMC untuk memeriksakan kondisi kesehatan. (MNS)


Sumber: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia


23 views0 comments